Tuesday, March 15, 2016

HIT Obat Nyamuk yang Wajib Selalu Ada di Kamar

Bekas gigitan nyamuk. Menjengkelkan, pastinya!
- Oleh Brahmanto Anindito

Sejak musim hujan, serangga berlomba-lomba keluar dari liang persembunyian mereka. Saya saja sudah dua kali disengat lipan saat tidur. Pertama, di jari, ini membuat saya terkejut dan langsung bangun. Lalu beberapa minggu kemudian, kena lagi di ubun-ubun. Kepala langsung pening sampai berjam-jam. Untung, tak terjadi apa-apa. Untungnya lagi, saya masih punya HIT obat nyamuk semprot di kamar.

Maka, saya segera menyalakan lampu, membolik-balik bantal, bahkan kasur, untuk mencari lipan alias kelabang itu. Bahaya sekali kalau binatang beracun itu juga menyengat istri dan anak saya yang masih batita. Begitu ketemu, saya lantas mengeliminasinya dengan HIT obat nyamuk dan menelusuri sarangnya. Heboh sekali, saya sampai menuliskan laporan langsungnya di Twitter, waktu itu.

Problem dengan serangga lainnya, meskipun tingkat bahayanya lebih rendah, tapi tetap saja menyebalkan. Misalnya, rayap yang menggerogoti kabel lampu di langit-langit. Saya tidak perlu memanjat apa-apa. Cukup menyemprotnya kuat-kuat dari bawah dan lekas minggir sebelum mata kemasukan rontokan rumah rayap atau partikel-partikel dari HIT obat nyamuk itu sendiri.

Kecoak alias lipas (Periplaneta americana atau Blatella germanica) juga terkadang berkeliaran semaunya di kamar, gesit sekali. Menemukannya saja sulit, apalagi mengusirnya. Kecoak yang awalnya sekecil kuku kelingking, tahu-tahu sudah muncul dalam keadaan dewasa. Entah makan apa saja di persembunyiannya. Terpaksa, saya gunakan senjata andalan lagi, HIT obat nyamuk, untuk menjangkau persembunyiannya.

Mau dengan apa lagi? Zaman dulu, ayah dan paman saya suka memukul kecoa dengan sandal. Tapi seiring bertambahnya pengetahuan, mereka tahu, selain itu menjijikkan, ternyata juga berbahaya karena organisme-organisme dalam perut kecoak bisa keluar saat itu dan masuk ke tubuh kita. Cara teraman membunuh kecoak adalah dengan obat nyamuk spray, seperti HIT obat nyamuk.

Namun, musuh bebuyutan manusia sejatinya bukan kecoak, rayap, lipan, tawon, atau lalat (Musca domestica). Melainkan nyamuk! Saya bermasalah dengan nyamuk jauh lebih sering dari serangga-serangga lainnya. Apalagi sewaktu musim kemarau atau pancaroba. HIT obat nyamuk tabung 225 ml saya sampai ludes!

Padahal, itu saya juga memburu nyamuk dengan penebah, tepukan tangan, dan raket listrik. Saya baru menggunakan HIT obat nyamuk semprot kalau sedang malas berolahraga malam-malam saja.

Anda tahu, spesies nyamuk yang paling tidak berbahaya saja sudah cukup menjengkelkan, karena bisa menyebabkan insomnia, bentol di kulit, atau minimal gatal-gatal. Apalagi, nyamuk-nyamuk pembawa penyakit demam berdarah (Aedes aegypti), malaria (Anopheles), kaki gajah (Culex quinquefasciatus), Tse-tse, chikungunya, sampai yang terbaru: zika. Semua jenis itu dijamin tepar bila mencium HIT obat nyamuk.

Cicak saja (sang predator nyamuk) mabuk ketika tak sengaja saya semprotkan HIT obat nyamuk ini setengah meteran darinya. Apalagi nyamuk yang sekecil itu!


Tips Membasmi Serangga Tak Diinginkan dengan HIT Obat Nyamuk

Ini sekadar saran agar kegiatan pembasmian nyamuk atau serangga mengganggu lainnya dengan HIT obat nyamuk bisa lebih efektif dan efisien:
  • Gunakan HIT obat nyamuk di ruang tertutup. Jangan berhasrat menghabisi nyamuk dan kawan-kawannya semua. Pahami bahwa obat nyamuk, secanggih apapun, diciptakan bukan untuk membasmi semua spesies nyamuk atau serangga penganggu. Itu mustahil. Maka pakailah HIT obat nyamuk sewajarnya, hanya di ruang tertentu, bukan di alam terbuka.
  • Pastikan sirkulasi udara ruang tersebut baik. Ini supaya kandungan HIT obat nyamuk tidak berkumpul terlalu lama di sana. Uap HIT obat nyamuk memang harum dan segar, tapi tetap saja, itu zat beracun! Jangan malah senang menghirupnya.
  • Jika Anda memakai HIT obat nyamuk jenis elektrik, jangan lupa mematikannya. Ini untuk menghindari pemborosan atau kecelakaan yang tidak diharapkan.
  • Periksa sebelum menyemprot atau menyalakan HIT obat nyamuk. Pastikan jauh dari anak-anak, orang lain, makanan, minuman, hewan lain, atau bantal. Partikel-partikel kimia obat nyamuk, jika jatuh ke bantal, akan mengendap lama di sana, dan akan Anda hirup tanpa sadar ketika tidur. Itu tidak baik.
  • Setelah menggunakan HIT obat nyamuk, kosongkan ruangan. Beri waktu setidaknya 15 menit, sebelum masuk kembali. Dijamin, nyamuk sudah bergelimpangan dan udara sudah netral.
  • Jangan menyalahgunakan HIT obat nyamuk. Sebagian orang juga menggunakan obat nyamuk untuk menyiksa binatang, perang-perangan (biasanya anak kecil), bunuh diri, meracuni orang lain, dsb. Itu semua tidak baik, bahkan bisa masuk delik kriminal.
Yang tak kalah penting, menjaga daya tahan tubuh. Terkadang, nyamuk berpenyakit pun gagal mentrasfer penyakitnya sekalipun sudah “menggigit” (hit) kita, lantaran badan kita sedang sehat-sehatnya dan bugar-bugarnya. Maka, selalu makanlah makanan sehat yang bergizi, berolahraga teratur, tidur yang cukup, serta jauhi stres.

Jangan abai pula dengan kebersihan lingkungan. Perhatikan ruang tidur, kamar mandi, gudang, dapur, dll. Kira-kira, apakah berpotensi menjadi rumah bagi serangga-serangga itu? Adakah genangan air yang ideal bagi perkembangbiakan jentik-jentik nyamuk? Jika ya, segera bersihkan dan benahi. Lakukan 3M yang tersohor itu: Menutup, Menguras, dan Mengubur.


Tentang HIT Obat Nyamuk

HIT pertama diproduksi oleh Bayer, perusahaan kimia asal Jerman, pada 1950. Lalu pada 2003, S. C. Johnson & Son membeli merek ini. Meski begitu, Bayer tetaplah pemasok bahan-bahan utama bahan-bahan HIT. Di Indonesia, HIT obat nyamuk diproduksi oleh PT Megarsari Makmur, perusahaan di Bogor.

Saat ini, masyarakat Indonesia sudah sangat familiar dengan HIT obat nyamuk. Insektisida pengusir dan pembasmi nyamuk, lalat, kecoa, dll. ini hadir dengan berbagai varian:
  • Elektrik. Ini inovasi baru yang tidak meninggalkan asap dan lebih aman bagi kesehatan.
  • Chalk & Bait. Produk HIT obat nyamuk ini berbentuk kapur untuk mengusir serangga (utamanya semut) dan sebagai umpan.
  • Aerosol. Produk praktis favorit saya. Bentuknya tabung bertekanan tinggi, sehingga mudah digunakan dan diarahkan.
HIT Obat Nyamuk Pompa, HIT Obat Nyamuk Aerosol, HIT Obat Nyamuk Non Stop, HIT Obat Nyamuk Hit Mat, HIT Obat Magic Aksi Instan, HIT One Push, dll. bisa kita dapatkan di mana-mana di seluruh Indonesia. Mulai dari supermarket, hipermart, minimarket, sampai kios-kios kecil. Harganya pun terjangkau.

Saya selalu sedia setidaknya satu tabung HIT obat nyamuk di kamar. Jaga-jaga, untuk melindungi keluarga. Bukan hanya dari serangan nyamuk. Anda tak pernah tahu, kapan kamar Anda kemasukan serangga-serangga berbahaya. Apalagi kalau mereka gesit (sulit dihalau dengan sapu), dan bisa terbang! Saya bolak-balik mengalaminya. Karena itu, saya sudah tahu apa yang harus dilakukan dan “senjata” apa yang harus dipersiapkan.

No comments:

Post a Comment

Butuh artikel-artikel semacam ini? Atau, punya ide membuat buku tapi kurang bisa menulis? Tidak sempat? Kami bersedia membantu. Klik di sini untuk info detail jasa penulisan kami.